Example floating
Example floating
Peristiwa

Longsor di Pango-pango Toraja, Belasan Warga Dikabarkan Tertimbun

1318
×

Longsor di Pango-pango Toraja, Belasan Warga Dikabarkan Tertimbun

Sebarkan artikel ini
Proses evakuasi warga korban longsor di obyek wisata Pango-pango Toraja Utara
Proses evakuasi warga korban longsor di obyek wisata Pango-pango Toraja Utara

Tanah longsor dan pepohonan yang terbawa longsor menutupi jalan trans Palopo-Bastem sehingga akses jalan lumpuh total.

Warga sekitar, Hamru (53) mengatakan longsor terjadi setelah hujan deras yang terjadi pada Senin (8/4/2024) sore hingga malam hari.

banner 325x300

“Siang tadi warga dari sejumlah desa di Kecamatan Bastem Utara, Kabupaten Luwu tidak dapat melintas menggunakan kendaraan roda empat ke arah Kota Palopo,” kata Hamru, Selasa (9/4/2024).

Warga sekitar melakukan pembersihan jalan agar masyarakat yang menggunakan kendaraan roda dua dan hendak mudik maupun sekedar melintas dapat melalui jalan itu.

“Kami berusaha membuka akses kecil atau jalan setapak menggunakan alat seadanya agar kendaraan roda dua  bisa melintas, sambil menunggu bantuan alat berat dari pemerintah Kota Palopo,” ujarnya.

Sementara, warga sekitar yang bernama Windah (36) mengatakan longsor sudah sering terjadi di titik yang sama.

“Sudah sering terjadi, bahkan bulan ini sudah dua kali tapi longsor terparah hari ini karena sampai banyak pohon yang jatuh juga, ” kata Windah kepada Wartawan Selasa (9/4/2024).

Karena jalan yang sulit diakses, Windah yang hendak melintas harus berjalan kaki menuju rumahnya yang berada diatas longsoran.

Sebelumnya, kampung Windah yakni Desa Buntulobo dapat diakses menggunakan kendaraan roda dua meskipun berada diatas gunung yang longsor.

Namun, karena adanya musibah tersebut ia terpaksa harus berjalan kaki ke rumahnya yang cukup jauh dari titik longsoran. (*)

Editor :Dento

Bagaimana Pendapat Anda ?
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
Example 300250